Penyebab Sembelit

Apakah yang menyebabkan sembelit? Penyebab yang jelas meliputi diet rendah serat, berulang kali mengabaikan dorongan untuk buang air besar, tidak minum cukup air, atau kurang olahraga.
Tapi sembelit juga memiliki penyebab lain, termasuk obat-obatan tertentu dan suplemen, serta kondisi medis yang serius.
Apa yang menyebabkan masalah sembelit di perut Anda? Berikut adalah 13 kemungkinan penyebab serius sembelit yang bukan berasal dari kekurangan serat.

Hypothyroidism

Hypothyroidism, atau kelenjar tiroid kurang aktif, memperlambat proses metabolisme tubuh proses dan juga usus.
Tidak semua orang dengan tiroid kurang aktif terkena sembelit, dan tidak semua kasus sembelit berarti bahwa kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher Anda berkinerja buruk.
Namun ketika orang muda mempunyai keluhan sembelit yang tidak normal dan benar-benar menganggu, maka ahli cenderung berpikir bahwa hal ini disebabkan oleh kurang normalnya tingkat tiroid.

Obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit, khususnya narkotika, dapat menyebabkan sembelit. Banyak reseptor untuk obat kelas narkotika berada di saluran pencernaan, sehingga cenderung membuat pergerakan makanan di usus berhenti. Secara umum, ahli menyarankan agar orang yang mendapat terapi obat ini juga diberikan obat pencahar seperti pelunak kotoran.
Beberapa studi (tetapi tidak semua) telah menyarankan bahwa mungkin ada risiko sembelit yang lebih tinggi bagi orang-orang pengguna obat penghilang rasa sakit kronis seperti aspirin dan ibuprofen.

Coklat

Ada beberapa bukti bahwa coklat dapat menyebabkan sembelit, meskipun studi lainnya menunjukkan coklat merupakan makanan super karena menyelamatkan banyak orang.
Dalam suatu penelitian di tahun 2005, orang dengan sembelit kronis atau irritable bowel syndrome (radang usus) lebih lebih mudan mengalami sembelit karena cokelat dibandingkan orang tanpa sembelit sama sekali.

Vitamin

Vitamin pada umumnya tidak akan menyebabkan sembelit, namun komponen-komponen tertentu, seperti kalsium dan besi, bisa menjadi masalah.
seorang dokter yang menjadi juru bicara untuk Asosiasi Gastroenterological Amerika.
menyatakan bahwa ia lebih memilih untuk meminta pasiennya berhenti menggunakan besi ataupun kalsium, kecuali mereka benar-benar membutuhkan (tentunya dengan diserta obat pencahar)

Penggunaan obat Pencahar yang berlebihan

Beberapa obat pencahar bekerja dengan merangsang aktivitas usus. Pemakaiannya juga tidak bisa sembarangan, beberapa jenis obat pencahar harus diambil berdasarkan saran dokter.
Jika digunakan untuk jangka waktu yang lama, pencahar stimulan dapat menyebabkan ketergantungan, artinya tubuh Anda tidak akan berfungsi dengan baik tanpa mereka.
obat pencahar Stimulan termasuk, Dulcolax , Ex-Lax, Senna, dan lain-lain.
Jangan menggunakan obat termasuk obat pencahar lebih dari diminta oleh petunjuk pemakaian serta dokter Anda.

Terlalu banyak susu

Diet tinggi keju dan makanan rendah lemat namun tinggi lemak lainnya seperti telur dan daging dapat memperlambat pencernaan Anda. Solusi yang jelas? Mengurangi asupan makanan seperti, dan meningkatkan asupan serat 20 sampai 35 gram per hari.
“Jika Anda akan memiliki keju dan daging merah dan telur, aduk dalam beberapa salad atau makanan lain yang memiliki serat,” saran Dr Park. Dan hindari makanan cepat saji dan makanan olahan, yang umumnya rendah serat.

Antidepresan

Sembelit dapat dikaitkan dengan inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) antidepresan seperti Prozac (fluoxetine).
Namun, sembelit lebih dari masalah dengan antidepresan trisiklik lama seperti Elavil (amitriptyline), kata Dr Park.
Jika Anda menggunakan antidepresan dan memiliki efek samping, pertimbangkan penggunaan pelunak tinja.

Depresi

Antidepresan bisa menyebabkan sembelit, namun ironisnya, kondisi sangat menyebabkan pemakaian obat ini yaitu depresi juga bisa menyebabkan hal yang sama.
Seperti hipotiroidisme, depresi menyebabkan perlambatan proses normal tubuh, yang juga dapat mempengaruhi usus besar. Orang dengan irritable  (radang usus) syndrome, yang berisiko terkena depresi juga rentan

Antasida

Antasida merupakan komposisi obat yang bagus untuk memerangi mulas, tapi ternyata juga bisa menyebabkan sembelit, terutama yang mengandung kalsium atau aluminium. Agar terhindar dari pemakaia antasida, Anda juga dapat mengurangi risiko mulas dengan tidak banyak makan. Konsumsi seidkit lemak dan mempebanyak serat untuk mencegah mulas dan juga sembelit.

Tekanan darah dan alergi obat

Sembelit dapat menjadi efek samping dari beberapa obat yang umum digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, seperti penghambat saluran kalsium dan diuretik.
Diuretik, misalnya, menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan keluaran urin, yang mengambil air dari sistem tubuh anda. Namun, air diperlukan untuk menjaga tinja agar lunak dan membuatnya keluar dari tubuh. Antihistamin yang digunakan untuk mengobati gejala alergi bisa menyebabkan sembelit.

Radang usus

Radang usus (IBD) termasuk dua kondisi kronis, penyakiut Crohn dan kolitis ulserativa. Keduanya dapat menyebabkan kram, penurunan berat badan, tinja berdarah, dan masalah kesehatan lainnya.
Diare kronis adalah gejala yang umum dari keduanya. Namun sembelit bisa menjadi masalah juga.
Dalam ulcerative colitis, konstipasi dapat menjadi tanda peradangan pada dubur dan penyakit Crohn dapat menjadi tanda dari obstruksi di usus kecil. Namun jika Anda mengalami sembelit dan tanpa gejala lain, sedikit kemungkinan Anda terkena radang usus.

Persalinan

Sembelit adalah hal umum selama kehamilan, tetapi melahirkan itu sendiri dapat menjadi masalah, mungkin karena otot perut lamban atau mungkin penggunaan penghilang rasa sakit atau anestesi selama proses persalinan.
Selain itu, mungkin nyeri perineum setelah melahirkan membuat ibu hamil ketakutan dan tidak nyaman sehingga menyebabkan sembelit.
Meskipun cedera akibat peregangan selama proses persalinan kadang-kadang bisa at menyebabkan kerusakan saraf yang menyebabkan sembelit, hal ini jarang terjadi.

Diabetes dan kondisi neurologis

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mencerna makanan. Kebanyakan orang dengan diabetes akut tahu bahwa mereka menderita penyakit itu. Namun, sangat dianjurkan untuk melakukan tes gula darah bagi seseorang yang mengalami sembelit secara teratur.
kondisi neurologis seperti multiple sclerosis atau penyakit Parkinson dapat menyebabkan sembelit. Namun biasanya gelajanya juga disertai dengan kesulitan buang air kecil, penglihatan ganda, atau masalah gaya berjalan.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Segala yang Baik dari Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger